WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Pengalaman Berbelanja, Tiru WeChat?

WhatsApp menawarkan cara baru yang dapat digunakan masyarakat India, yakni berbelanja makanan tanpa meninggalkan aplikasi.

Meta mengumumkan integrasi baru dengan JioMart, memungkinkan pengguna dapat mengirim SMS “Hai” ke nomor tertentu dan dibawa ke pengalaman belanja dalam aplikasi.

Pengalaman berbelanja ini terlihat cukup akrab, mirip dengan apa yang telah dirancang oleh Instacart dan layanan pengiriman lainnya selama bertahun-tahun.

Meta yakin bahwa pesan bisnis adalah bagian besar dari cara WhatsApp menghasilkan uang di masa mendatang.

“Pesan bisnis adalah area dengan momentum nyata dan pengalaman berbasis obrolan seperti ini akan menjadi cara orang dan bisnis berkomunikasi di tahun-tahun mendatang,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam posting Facebook.

Integrasi JioMart adalah bagian dari obrolan bolak-balik, bagian dalam browser dalam aplikasi, tetapi berisi segalanya mulai dari pemilihan, pembayaran, hingga pengiriman dalam WhatsApp.

Pada akhirnya, Meta ingin WhatsApp menjadi aplikasi super bergaya WeChat, satu-satunya aplikasi yang dibutuhkan pengguna untuk menjalankan seluruh hidup mereka.

Pengguna WeChat dapat membayar sewa di aplikasi, membeli tiket konser di aplikasi, membayar makanan di aplikasi, dan banyak lagi.

Tidak ada platform lain yang mendekati tingkat dominasi WeChat, tetapi dengan lebih dari 2 miliar pengguna, WhatsApp memiliki peluang lebih baik daripada kebanyakan.

India juga merupakan pasar paling populer, dengan sekitar 400 juta pengguna di negara tersebut.

WhatsApp gratis, tidak memakan banyak data, dan berjalan di ponsel dengan hampir semua harga.

JioMart, sementara itu, adalah perusahaan e-commerce yang dijalankan oleh Jio Platforms.

Jio sendiri adalah bagian dari Reliance, salah satu perusahaan yang bertanggung jawab atas telepon dan layanan murah yang telah membawa banyak warga India online untuk pertama kalinya.

Source Link