Walau Apple Hengkang, Rusia Buka Kemungkinan Warga Buat Beli iPhone 14

 Kementerian Rusia menyatakan, meski Apple telah memutuskan hengkang dari negara tersebut, masyarakat masih punya kesempatan untuk mendapatkan iPhone 14 yang baru saja rilis.

“Jika konsumen mau membeli ponsel ini, silahkan. Mereka akan punya kesempatan itu,” kata Menteri Perindustrian dan Perdagangan Denis Manturov kepada kantor berita RIA Novosti, dikutip dari The Moscow Times, Minggu (11/9/2022).

Apple diketahui telah menghentikan penjualan produk mereka di Rusia, sebagai imbas dari invasi Ukraina yang terjadi pada bulan Februari 2022 lalu.

Meski begitu, ponsel-ponsel Apple masih bisa mengalir ke Rusia lewat skema “impor paralel”, di mana barang-barang diekspor kembali ke Rusia tanpa izin dari pemilik merek dagang.

Smartphone impor dan barang elektronik lain yang awalnya dijual untuk dijual di negara lain, seringkali negara tetangga pasca-Soviet, datang dengan label harga di Rusia hingga 20 persen lebih tinggi dibanding sebelum invasi.

Manturov, yang berbicara di sela Eastern Economic Forum di Vladivostok, tidak mengungkapkan apakah “impor paralel” iPhone 14 akan menelan biaya lebih dari harga resmi di USD 799 untuk model dasar dan USD 1.100 untuk Pro Max.

Source Link