Teknologi AI Bisa Bikin Orang Meninggal Bicara di Pemakamannya Sendiri

Pada acara pemakaman, biasanya kerabat terdekat menyampaikan pidato singkat terkait mendiang sebagai pernyataan perpisahan.

Dikutip VOA Indonesia, Kamis (26/8/2022), di Inggris, sebuah keluarga mengubah tradisi itu. Berkat bantuan teknologi kecerdasan buatan, mendiang yang siap masuk liang lahat justru lebih banyak bicara. 

Marina Smith sudah meninggal dunia. Namun, suaranya terdengar di sela-sela acara pemakamannya di Inggris. Ia menjawab pertanyaan seorang cucunya mengenai seperti apa kampung halamannya.

Meninggal pada usia 87 tahun, Marina bisa menjawab berbagai pertanyaan sanak kerabatnya mengenai dirinya. Semua itu berkat StoryFile Life, sebuah perangkat kecerdasan buatan yang dikembangkan anaknya, Dr Stephen Smith, bersama istrinya.

Jauh sebelum Marina menutup mata untuk selamanya, anaknya itu mengajukan puluhan, atau bahkan ratusan pertanyaan yang direkam dalam alat tesebut, dan bisa ditampilkan kembali sesuai pertanyaan yang diajukan.

“StoryFile tidak mengubah jawaban atas pertanyaan, kami tidak mengeditnya, kami tidak memanipulasinya, kami tidak memalsukannya. Apa yang kami coba katakan adalah, ini adalah dirimu yang asli. Ini adalah video yang Anda buat, dan sekarang Anda membuatnya. Video ini dapat diakses untuk percakapan masa depan,” jelasnya.

Source Link