Literasi Digital Sejak Dini Dapat Berdampak Positif Bagi Anak

Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan teknologi finansial (fintech) Kredivo mengatakan, literasi digital tak hanya penting bagi mereka yang sudah berusia dewasa, namun juga untuk anak-anak.

Hal ini disampaikan oleh Kredivo dalam sebuah acara edukasi literasi digital di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Andy Nahil Gultom, Director of External Affairs Kredivo mengatakan, kehadiran teknologi saat ini memberikan dampak positif bagi berbagai industri, termasuk di sektor keuangan karena mampu menjangkau lebih banyak masyarakat secara cepat dan efisien.

Dalam siaran persnya, dikutip Rabu (24/8/2022), Andy mengatakan, untuk mendorong dampak positif teknologi, masyarakat perlu dibekali edukasi berkelanjutan sehingga dapat memanfaatkan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.

“Kami percaya edukasi ini perlu dimulai sejak dini, dan orangtua di era digital berperan krusial untuk mencetak generasi melek digital sejak dini,” kata Andy.

Menurutnya, dengan memahami batasan pemanfaatan teknologi bagi anak dan strategi pola asuh yang tepat di era digital, maka akan berdampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Indria Laksmi Gamayanti, psikolog yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, digital parenting atau pola asuh digital di era digital sangat penting untuk dipahami dan dilakukan oleh orangtua.

“Kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi dan konten digital perlu adanya pengawasan dan batasan agar anak terhindar dari dampak negatif terhadap psikis dan mental melalui teknologi digital, terutama yang berkaitan dengan adiksi gadget,” kata Indria.

Source Link