Google: Medsos Donald Trump Truth Social Belum Bisa Masuk Play Store

Platform media sosial besutan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Truth Social, masih ditolak di Google Play Store akibat dinilai tidak memiliki moderasi konten yang memadai.

Masalah ini membuat perkembangan Truth mengalami kemunduran, meski aplikasi mereka sudah tersedia di Apple App Store sejak 21 Februari 2022 yang lalu. Namun, ponsel Android menguasai sekitar 40 persen di pasar HP AS.

Google dalam pernyataannya mengatakan, pada tanggal 19 Agustus 2022, mereka memberitahu Truth Social tentang beberapa pelanggaran kebijakan standar dalam pengajuan aplikasi mereka.

Google juga menegaskan kembali bahwa memiliki sistem yang efektif untuk memoderasi konten buatan pengguna, adalah syarat dari persyaratan layanan Google untuk aplikasi apa pun di Play Store.

“Minggu lalu, Truth Social membalas tanggapan kami dan mengatakan bahwa mereka sedang berupaya mengatasi masalah ini,” kata Google seperti dilansir New York Post, dikutip Rabu (31/8/2022).

Dalam pernyataannya, Google juga mengatakan prihatin kepada Truth Social, tentang pelanggaran kebijakan Play Store yang melarang konten seperti ancaman fisik dan hasutan untuk melakukan kekerasan.

Sementara, perusahaan induk Truth Social, Trump Media & Technology Group (TMTG) tidak menanggapi permintaan berkomentari dari Reuters.

Namun di siaran persnya, TMTG mengatakan mereka terus bekerja dengan itikad baik bersama Google untuk memastikan aplikasi Android-nya mematuhi kebijakan Google tanpa mengompromikan janji untuk jadi surga bagi kebebasan berbicara.

Source Link